Biografi Singkat Wolfgang Amadeus Mozart

Kisah hidup wunderkind musikal Wolfgang Amadeus Mozart berawal di sini di Salzburg. Orang tuanya, Leopold Mozart dan Anna Maria Pertl, meletakkan dasar bagi karir musiknya. Kematiannya yang awal pada usia 35 tahun mengguncang semua orang, terutama saudara perempuannya “Nannerl”

Seorang wunderkind yang dikenal sebagai “Wolferl”

Pada 27 Januari 1756, Wolfgang Amadeus Mozart lahir di “Hagenauer Haus” (No. 9 Getreidegasse ) di Salzburg. Dari tujuh anak mereka secara total, Leopold Mozart, musisi ke istana uskup agung pangeran, dan istri Anna Maria Walpurga hanya memiliki satu orang yang selamat: kakak perempuan Mozart Maria Anna, dijuluki “Nannerl”. Keduanya sangat berbakat, salah satu alasan mengapa sang ayah menempatkan karirnya sendiri agak di belakang.

Perjalanan Mozart muda

Mulai tahun 1762, ayah yang ambisius itu menghadirkan anak-anak berbakatnya di hadapan pangeran-pangeran di seluruh Eropa. Pada usia enam tahun, Mozart kecil memulai perjalanan panjang melalui Eropa Barat – dari Jerman, Belgia dan Prancis, hingga London. Dia akan terus mengembangkan keterampilan musiknya di Italia.

Tahun-tahun Salzburg

Mozart menghabiskan masa mudanya sebagai kehormatan, dan dari 1772 sebagai master konser bergaji di pengadilan Salzburg. Pencarian sia-sia untuk janji yang berbeda membawanya ke Italia, Wina dan Munich. Pada musim gugur 1773, keluarga itu pindah ke rumah di Hannibalplatz, sekarang dikenal sebagai “Mozart Residence” yang alamatnya hari ini adalah Makartplatz No. 8.

Putus dengan Uskup Agung Salzburg

Dengan Salzburg mendapatkan penguasa baru pada 1772, Mozart sekali lagi mampu menjalani kehidupan yang lebih teratur. Di bawah Uskup Agung Hieronymus Graf Colloredo, pada 1779 ia kembali ke pengadilan sebagai organis . Namun, setelah perdana menteri “Idomeneo” di Munich pada awal Juni 1781, Mozart berselisih dengan uskup agung.

Pindah ke Wina dan mulai keluarga

Di Wina, ia mencoba mencari jalan sebagai pemain lepas, komposer opera , dan guru. Pada 4 Agustus 1782, melawan kehendak ayahnya, ia menikahi Constanze Weber. Bersama-sama, pasangan itu bepergian ke Salzburg dan Praha. Dari enam anak mereka, hanya Karl Thomas dan Franz Xaver Wolfgang yang bertahan melewati masa kanak-kanak.

Kematian Dini Mozart

Salah satu keberhasilan opera terakhirnya adalah “La Clemenza di Tito” (K 621), “Coronation Opera” pertama kali tampil di Praha pada 6 September 1791. Tak lama setelah premier pf “The Magic Flute” (K 620) di Freihaustheater in Wina, Mozart jatuh sakit. Dia meninggal di Wina pada tanggal 5 Desember 1791 pada usia 35 tahun karena “demam militer yang ekstrem”. “Requiem” -nya (K 626) masih belum selesai.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>